Kamis, 01 November 2012

Ulead VideoStudio



Ulead VideoStudio
Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan. Yang keseluruhannya mencakup “penglihatan dan pendengaran”
Video editing dewasa ini sudah mulai banyak diminati oleh banyak kalangan non-profesional untuk mengedit video sederhana hingga tingkat menengah, seperti video dokumen pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lain-lain. Mengedit video sendiri untuk beberapa orang merupakan kegiatan hobi yang tidak ternilai. Menciptakan kreasi video sendiri lebih asyik ditonton oleh segenap keluarga dari pada menyerahkannya kepada pihak lain.
Dewasa ini telah banyak software ataupun hardware yang mempermudah orang awam untuk mengedit video sendiri. Salah satu software video editing untuk semi-profesional yang cukup banyak diminati adalah Ulead VideoStudio, Ulead Video Studio sekarang sudah memliki banyak versi dari versi terjadulnya sampai sekarang sudah sampai versi 11. Alasan mengapa memilih program ini di karenakan selain program ini cukup populer juga program ini kecil, sederhana, ringan, dan amat sangat mudah dipergunakan dan dipelajari.
Bagaimana mengolah file-file gambar dan potongan video menjadi sebuah video yang menarik sesuai dengan keinginan. Kita bisa menambahkan Effect, Title, Overlay dan Sound dalam video serta dapat memotong video. Setelah selesai bisa dilanjutkan menjadikan kedalam banyak format seperti dalam bentuk mpg video dengan mengklik “Share” kemudian Create Video File - Pilih VCD PAL Masukkan nama file - Save. Setelah selesai Anda bisa memburning file mpg tadi mejadi VCD. Dengan menggunakan program Ulead VideoStudio. Diharapkan bisa menjadi seorang video editor yang cukup handal.

1.        Mengenal Element-Element Pada Display Ulead
Sebelum memulai menjalankan program ulead harus menginstal program ulead terlebih dahulu, software dapat di beli di toko atau di tempat penyewaan kaset program.
Setelah dilakukan pengistalan program, Berikut merupakan tampilan awal ulead

Berikutnya apa yang harus dilakukan? Setelah membuka tampilan seperti yang terlihat pada gambar lanjutkan dengan meng klik tool bar video studio editor, sehingga selanjutnya akan tampak tampilan seperti berikut:













Namun, Sebelum jauh belajar tentang bagaimana cara mengedit film, diharapkan pengguna software mengenal dan mampu memahami artikulasi juga fungsi element-element yang terdapat pada display software ulead video studio, berikut adalah beberapa element tersebut:
1.    Jendela preview
Adalah tempat menampilkan clip view, filter, efek, title. Selain itu jendela preview bertugas menampilkan hasil sementara pengeditan video yang tengah anda lakukan.
2.    Panel opsi
Adalah panel yang bertugas menampilkan setting dari sebuah fungsi yang tengah anda jalankan saat ini. Kegunaan dari panel ini adalah sebagai tempat mengatur setting
3.    Library
Adalah tempat menyimpan clip-clip, efek, file suara yang sering digunakan dalam video, clip awal sebagai contoh telah disertakan dalam program, namun pengguna software juga dapat melakukan penambahan jika diperlukan.
4.    Time line
Adalah tempat melakukan penyusunan dan pengeditan video. Pengguna program ulead akan bekerja didalam time line untuk menghasilkan sebuah video yang diinginkan
5.    Panel navigasi
Adalah panel yang berisikan tombol-tombol untuk memainkan sebuah clip atau memotongnya.

Disamping element display di atas, ulead juga mempunyai element editing. Berikut beberapa element editing yang utama terdapat dalam sofware ulead dan fungsinya:
1.    Video
Untuk mengambil dan menempatkan clip
2.    Image
Untuk mengambil dan menempatkan gambar
3.    Audio
Suara diperlukan sebagai ukuran penentu tingkat kesuksesan komposisis video yang dibuat. Suara adalah element penting yang membuat dramatisme video. Dalam ulead mengenal dua jenis audio yaitu audio suara dan audio music
4.    Transision
Transisi adalah vasilitas dalam ulead yang menawarkan cara yang lebih kreatif dan lebih menarik untuk membuat efek perpindahan antara satu clip ke klip lain
5.    Video filter
Video filter adalah efek yang dapat diaplikasikan pada klip sehingga penampilan dari clip tersebut berubah. Tersedia banyak efek video clip siap pakai dalam fideo filter, seperti bluer, mazaik, old film, dan lain-lain
6.    Title
Adalah tulisan dalam video sebagai keterangan tambahan dari komposisi video yang dibuat.


2.        Membuat Judul Video
Membuat tampilan judul video merupakan langkah awal yang dapat mengundang selera para penonton. Pembuatan judul ini dapat dilakukan melalui potongan video, animasi, maupun teks. Kompetensi yang ingin dicapai adalah mampu:
-       Membuat judul dengan menggunakan animasi teks
-       Membuat judul dengan menggunakan animasi gambar dan video

Latihan membuat judul dari template
1.    Jalankan aplikasi Ulead VideoStudio
2.    Memilih template animasi teks
a.    Klik folder Title
b.    Pilih salah satu judul template teks, misalnya Show Time
c.    Drag (klik dengan mouse secara kontinyu kemudian digeser) ke Timeline bar pada baris berhuruf T (atau Text)

d.   Double klik layar yang bertuliskan Show Time
e.    Kemudian edit dengan judul yang anda kehendaki, misalnya PELATIHAN MEMBUAT VIDEO (jangan hiraukan kalau judul anda tidak terbaca)
f.     Klik mouse di areal bebas pada layar sampai judul tersebut terblok dengan garis dan titik-titik kuning
g.    Ganti jenis font dari Arial Black ke jenis font lainnya (sesuai selera anda)
h.    Ganti ukuran font menjadi 20 atau berapa saja sampai judul tersebut terbaca
i.      Lakukan proses editing judul dengan cara enter pada bagian kata tertentu
j.      Drag judul tersebut ke posisi yang sesuai dengan selera anda atau dengan memilih salah satu posisi pada blok alignment
k.    Silahkan klik tombol Play pada Navigation bar
3.    Mengatur waktu template animasi teks
a.    Klik judul pada Timeline sampai muncul blok kuning di bagian kiri dan kanan
b.    Klik blok kuning bagian kanan kemudian drag ke kanan atau ke kiri untuk memperpanjang waktu tayang judul, misalkan sampai ke angka 10 detik
 












4.    Memberi animasi teks
a.    Klik Single Title pada folder Edit dan klik yes untuk meneruskan
b.    Klik folder Animation
c.    Tandai/klik Aplly animation untuk meneruskan proses














d.   Silahkan pilih type animasi yang diinginkan melalui combo box. Setiap type memiliki model-model yang dapat anda pilih
e.    Untuk mengatur gerakan masuk dan keluar, anda dapat menggunakan fasilitas animation attribute yang berlogo TT
5.    Memberi iringan musik pada judul
a.    Klik folder Audio
b.    Silahkan pilih koleksi audio kemudian drag ke timeline bar pada lajur berlogo mic atau tangga nada
c.    Koleksi suara dapat berasal dari lagu koleksi anda sendiri atau dari suara rekaman
d.   Atur waktu, misalnya dengan disesuaikan/disamakan dengan waktu tayang JUDUL. Atau sebaliknya judul menyesuaikan musik.





 














Latihan membuat judul teks secara manual
1.    Double klik lajur T (teks) pada timeline
2.    Silahkan ketik judul pada layar
3.    Atur waktu, animasi dan jika diperlukan beri iringan musik.
4.    Dengan cara yang sama, pembuatan judul dengan cara manual tersebut dapat dugunakan untuk membuat teks berjalan (running text) yang terletak dibawah dengan gerakan dari kanan bawah ke kiri bawah

Latihan membuat judul dengan animasi
1.    Buka folder/combo box dan pilih video
2.    Buka file animasi calon judul dalam bentuk video berekstensi *.avi atau *.gif
3.    Drag ke timeline, beri iringan musik (jika animasinya berasal dari *.gif) dan atribut lainnya
4.    Jika waktu tayangan bahan animasi terlalu lama, dapat dilakukan modifikasi dengan:
a.    Menggeser lama tayangan menjadi sesuai dengan kehendak anda, atau
b.    Klik Playback Speed dan atur angka kecepatan menjadi dibawah 100%
5.    Jika waktu tayangan bahan animasi terlalu pendek, dapat dilakukan modifikasi dengan mengklik Playback Speed dan atur angka kecepatan menjadi diatas 100%


3.        Cara Mengedit Film dengan Ulead
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengimpor clip atau gambar pada library ke time line caranya adalah dengan mengklik clip yang diinginkan dibagian library kemudian drag ke arah time line.
Sebelum memulai mengedit film, lakukan penyesuaian dengan clip yang akan diedit, misalnya sebuah clip dianggap terlalu panjang, maka dapat dilakukan pemendekan. Memendekan clip yang telah dimuat adalah tindakan yang penting dalam editing. Cara memotong sebuah clip dalam ulead sangat mudah, yaitu dengan mengklik ujung clip yang akan dipendekan, kemudian drag kearah dalam sejauh pemendekan yang diinginkan atau bisa juga dengan menggunakan salah satu fasilitas ulead yaitu dengan mengeklik tombol cut clip dan menggeser clip yang telah dipotong. Setelah itu bisa memulai mengatur time line. Inilah hal yang dianggap paling sulit dan rumit dalam mengedit film. Namun sebagian besar editing menyukai hal ini karena disinilah letak tantangan dalam mengedit video. Kapan scene ini muncul, setelah dan sebelum scene yang mana. Selain penempatan scene-nya juga harus disesuaikan dengan musik, Panjang pendeknya scene juga harus disesuaikan dengan panjangnya segmen musik yang jadi latar belakang.
Jadi yang dimaksud mengatur time line itu adalah mengatur perubahan dalam video dari waktu ke waktu. Dari detik ke detik, dari satu frame ke frame yang lain. Seperti kalau kita mengetahui sistem PAL pada TV yang dalam satu detik ada sekitar 24 frame. Jadi untuk clip dengan durasi tiga menitan, memebutuhkan sekitar 4320 frame yang harus diatur, begitu juga dengan sistem pengaturan timeline. Tetapi dalam ulead sedikit lebih mudah, ini karena materi videonya sudah ada, jadi tidak perlu repot mengatur tiap frame. Cukup mengatur pergantian scene demi scene.
Selain mengatur timeline dari scene, juga harus diatur timeline dari efek yang dipakai. Kapan efek blur muncul, berapa lama, kapan filmnya di-freeze atau backward. Kapan teksnya akan muncul, kapan teksnya dianimasi. Karena dibagian memberi efek inilah yang paling rumit sekaligus menyenangkan, sekian banyak efek yang disediakan, mau memilih yang mana, bagaimana tingkat efeknya, bagian mana yang terkena efek.
Setelah mengetahui bagaimana teori pembuatan sebuah film video, maka berikut adalah contoh sederhana praktek membuat sebuah film.
Langkah-langkah:
1.    Transfer terlebih dahulu video atau gambar pada computer.
2.    Buka program ulead, setelah keluar tampilan awal Klik video studio editor, maka akan keluar tampilan selanjutnya
3.    Drag salah satu vasilitas pembuka video ke dalam time line, seperti

4.    Setelah itu masukkan foto atau gambar melalui fasilitas image, bisa menggunakan gambar yang telah tersedia atau mengimpor gambar yang lain.
5.    Diantara gambar dan video supaya lebih menarik. Sisipkan transision, agar perpindahan terasa halus dan menarik

6.    Kemudian supaya lebih menarik sisipkan kata-kata pembuka, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengklik Title. Setelah dalam jendela preview terlihat space untuk menuliskan kata maka editing video bisa menuliskan kata pembuka sesuai dengan keinginan sebagai contoh “BELAJAR MEMBUAT VIDEO” Selanjutnya title dapat diberi efek dengan menggunakan vasilitas yang ada pada ulead.
7.    Setelah itu masukkan kembali video yang diinginkan untuk diedit, atau dapat menyisipkan materi foto.
8.    Yang terakhir adalah memilih musik atau suara untuk film yang sedang dibuat. Caranya juga sangat sederhana tinggal mengklik dan drag musik kedalam time line. Setelah semua sudah selesai dilanjutkan dengan menyimpan file film yang sudah selesai dibuat, ada banyak versi penyimpanan dalam menyimpan video yang sudah diedit. Para editing dapat menyimpan dalam format apapun seperti (mpeg, dvd, vcd dll) caranya sanagat mudah klik share, lalu klik created video file dan silahkan pilih mau di save dalam format apa.


4.        Membuat Video Klip Musik
Langkah-langkah pembuatan video klip musik tidak jauh berbeda dengan pengeditan film pada praktek sebelumnya. Adapun langkah-langkah pembuatan video klip musik adalah sebagai berikut:
-       Buka program Ulead Video Studio yang sudah diinstall (Video Studio Editor).
-       Ada beberapa bagian utama di bagian atas layar yaitu Capture, Edit, Effect, Overlay, Title, Audio dan Share.
-       Pilih Yang Edit.
-       Pada bagian Edit anda dapat melihat ada 3 bagian utama yaitu:
1.         Storyboard View
Untuk melihat semua daftar video yang anda masukan ke dalam program ini secara Thumbnail (kelihatan besar besar). Pencet tombol ENLARGE untuk lebih memperbesar.
2.         Time Line View
Bagian ini terdapat beberapa bagian yaitu :
a.    Video Track (tempat memasukan video utama)
b.    Overlay Track (tempat memasukan video lain untuk digabung menjadi 1 layar)
c.    Title Track (tempat memasukan tulisan)
d.   Voice Track (tempat memasukan suara berupa rekaman langsung)
e.    Music Track (tempat memasukan suara berupa file musik dan sebagainya)
3.         Audio View
Untuk merubah file suara
-       Untuk tutorial ini silahkan pilih yang nomor 2 atau Time Line View.
-       Masukan semua file dengan cara klick kanan pada Track yang telah disebutkan.
-       Untuk lebih jelasnya ikuti langkah langkah berikut ini:
-       Masukan file video yang ingin diedit dengan cara klick kanan pada bagian track video. Lalu pilih INSERT VIDEO.
-       Jika ingin menggabungkan 2 video atau lebih dalam 1 layar maka video yang kedua dan seterusnya diletakkan di Overlay Track. (Butuh Memory Besar).
-       Anda dapat memotong video yang anda masukan untuk diambil bagian depan, tengah, belakang atau beberapa bagian saja dengan cara menekan tombol MARK IN pada bagian awal video yang akan dipotong lalu tekan tombol MARK OUT pada akhir bagiannya. Setelah itu tekan tombol CUT CLIP maka video akan terpotong dan anda bisa membuang yang tidak perlu.
-       Selanjutnya anda dapat menghilangkan suara asli dari video tersebut dengan cara menekan tombol MUTE.
-       Masukan lagu yang anda inginkan ke dalam VOICE TRACK jika ingin merekam secara langsung atau masukan lagu ke dalam MUSIC TRACK jika ingin mengambilnya dari dalam komputer anda


-       Pilih Menu Effect untuk menambahkan effect tertentu.
-       Pilih salah satu dari Transisi atau animasi perpindahan video dari video satu ke yang lainnya (jika ada banyak video clip) Lalu drag kearah video anda.
-       Untuk menghapus transisi tadi tinggal dihapus dari Video Track (warnanya kuning).
-       Untuk menambah Effect pada video pilih Video Filter pada menu Effect tadi. Lalu pilih Effect video yang disediakan beserta variasinya kemudian Tibankan atau Drag ke arah video anda.
-       Jika ingin menghapus Effect tersebut dari video tekanlah tombol ”X” atau Delete yang ada pada bagian Attributte.
-       Langkah selanjutnya adalah membuat tulisan. Pilih Menu Title untuk menambahkan Tulisan tertentu pada video anda.
-       Pilih salah satu bentuk tulisan yang disediakan kemudian Tibankan atau Drag ke video anda.
-       Gantilah tulisan asli dari tulisan yang ditibankan ke video tadi menjadi tulisan yang anda inginkan.
-       Jika ingin menghapus tulisan tersebut dari video anda bisa langsung membuangnya dari Title Track.
-       Setelah video selesai di edit pilihlah menu SHARE.
Disini ada beberapa pilihan untuk tahap penyelesaian yaitu:
6.         Create Video File (untuk menyimpan video tersebut ke dalam komputer beserta suaranya)
7.         Create Sound File (untuk menyimpan ke dalam komputer hanya musiknya saja)
8.         Create Disc (untuk menyimpan hasil video ke dalam CD)
9.         Export To Mobile Device (untuk memasukan video tersebut ke dalam Handphone)
10.     Project Playback (untuk menjalankan hasil video yang sudah anda edit)
11.     DV Recording (untuk merekam video anda ke DV)
12.     Share Video Online (untuk menyebarkan hasil video anda ke Internet)
 

7 komentar:

hunt silva mengatakan...

mntap gan infonya...
tq...

adex rezpector mengatakan...

Syukron katsierrr gannn , ini nih yang lagi guwah cari. akhrinya dapet juga. izin copast yeh buwat belajar nehhh :)

Lhedot Sangpemburu mengatakan...

ane mau tanya nih cz baru belajar ngedit video...mau save haslnya go g bs ya,,trs di share trs wkt ngerender ko baru 40% muncul tulisan unable to load library..kenapa tuh gan?mohon pencerahan nya..makasih

Muhamad Azis Fikri mengatakan...

sama gan ane juga kasus nya sama persis kaya agan.. bingung nih

Maman SP mengatakan...

ane juga punya masalah yang sama gan, wrong nya ternyata ada pada transisi yang kita pakai coba dilihat pada bagian mana dia berhenti dan muncul unable to load library nah pada bagian itu transisinya diganti or delete, semoga membantu

mulkan azim mengatakan...

mengapa pada saat saya mau masukin video dan timbul unebel to open file
fill format mismatch
bagai mana cara mengatasi nya trimakasi

Marwah Domani mengatakan...

gan, pas saya mau masukin videonya kok ga bisa sih? ada tulisan "The files "..." contain no data" please kasih tau yah.. soalnya baru belajar.. hehe

Poskan Komentar